Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor di Instagram

Anda harus menggunakan otentikasi dua faktor (2FA) bila memungkinkan, dan aplikasi media sosial seperti Instagram tidak terkecuali. Instagram memungkinkan Anda untuk menggunakan kata sandi satu kali sebagai faktor kedua dari otentikasi, dan inilah cara mudah mengaktifkannya.

Ada dua cara untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor di Instagram: Baik dengan menggunakan aplikasi pengautentikasi atau dengan menerima pesan teks. Saya akan menunjukkan kepada Anda cara mengamankan akun Instagram Anda menggunakan kedua metode tersebut, tetapi saya harus menyebutkan bahwa Instagram merekomendasikan penggunaan aplikasi pengautentikasi. Aplikasi autentikator lebih aman daripada pesan teks untuk menerima kata sandi satu kali.

Aktifkan Otentikasi Dua Faktor di Instagram

Instagram untuk Android sangat memudahkan Anda untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor. Langkah-langkahnya juga sama persis di Instagram untuk iPhone. Pertama, saya akan menunjukkan cara mengakses halaman otentikasi dua faktor di Instagram.

Mulailah dengan membuka aplikasi Instagram lalu ketuk ikon profil di sudut kanan bawah.

Selanjutnya, ketuk ikon menu tiga baris di sudut kanan atas.

Pilih “Pengaturan”.

Selanjutnya, ketuk “Keamanan”.

Di halaman berikutnya, pilih “Autentikasi Dua Faktor”.

Anda sekarang akan mencapai halaman penyiapan otentikasi dua faktor Instagram. Tap “Mulai”.

Di sinilah Anda dapat memilih metode otentikasi mana yang ingin Anda gunakan untuk Instagram. Anda dapat menggunakan aplikasi pengautentikasi atau pesan teks untuk menerima kode otentikasi dua faktor. Saya akan menunjukkan cara menggunakan kedua metode tersebut, dimulai dengan aplikasi pengautentikasi.

Gunakan Aplikasi Authenticator untuk Mengaktifkan 2FA di Instagram

Saya akan menunjukkan cara menyiapkannya menggunakan Google Authenticator, meskipun dapat dilakukan dengan aplikasi 2Fa apa pun (seperti Authy). Mulailah dengan mengaktifkan “Aplikasi autentikasi (disarankan)”.

Instagram sekarang akan meminta Anda untuk mengunduh aplikasi otentikasi. Sebelum Anda melakukannya, mari cepat salin kunci yang Anda perlukan untuk menyiapkannya. Di bagian bawah halaman ini, Anda akan melihat tombol berlabel “Siapkan Cara Lain”. Ketuk tautan itu.

Baca Juga:  Alasan untuk Jailbreak iOS 14 - iOS 14.3

Kode otentikasi Instagram akan muncul di layar. Yang perlu Anda lakukan di sini adalah menyalin kode ini dan menempelkannya ke Google Authenticator. Ketuk “Salin Kunci”.

Silakan unduh Google Authenticator di Android atau iPhone. Anda juga dapat menggunakan alternatif seperti Authy, Duo Mobile, atau aplikasi otentikasi lain yang Anda sukai.

Di Google Authenticator, ketuk “Mulai”.

Jika Anda sudah menyiapkan beberapa kode otentikasi di Google Authenticator, ketuk tombol “+” di pojok kanan bawah.

Pilih “Enter a Setup Key”.

Di sini, Anda dapat menambahkan nama untuk akun Anda. Anda dapat menggunakan nama sederhana seperti Instagram, atau jika Anda memiliki banyak akun, Anda bahkan dapat menggunakan sesuatu seperti Instagram @cradnu. Ini akan memastikan bahwa Anda dapat menemukan kode autentikasi yang benar dengan mudah.

Setelah Anda selesai menambahkan nama, tempel string teks ke dalam bidang “Kunci” dan ketuk “Tambahkan.”

Anda akan melihat kode otentikasi Instagram Anda di Google Authenticator. Ketuk kodenya dan secara otomatis akan disalin ke papan klip Anda.

Beralih kembali ke Instagram dan tempel kode yang baru saja Anda salin.

Selamat, Anda baru saja mengamankan akun Instagram Anda. Lain kali Anda masuk ke Instagram, Anda harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda terlebih dahulu, diikuti dengan kode otentikasi dari Google Authenticator. Anda (atau orang lain) tidak akan dapat mengakses akun Anda jika Anda tidak memiliki kodenya.

Langkah terakhir di sini adalah menyalin dan menyimpan kode cadangan Instagram di lokasi yang aman. Kode cadangan ini dapat digunakan untuk masuk ke Instagram jika Anda kehilangan ponsel atau berada dalam situasi lain di mana Anda tidak dapat menerima kode otentikasi.

Baca Juga:  Cara Menonaktifkan Grup Tab Chrome di Android

Gunakan Kode Pesan Teks untuk 2FA di Instagram

Menggunakan autentikasi dua faktor berbasis SMS tidak seaman menggunakan aplikasi autentikator, tetapi lebih baik daripada tidak sama sekali. Jika Anda ingin menerima pesan teks dengan kata sandi satu kali (OTP) setiap kali Anda masuk ke Instagram, saya akan membantu Anda.

Di halaman pengaturan otentikasi dua faktor Instagram, aktifkan opsi “Pesan Teks”.

Ketik nomor telepon Anda, dan Instagram akan mengirimkan enam digit kode melalui SMS.

Tempel kode ini, lalu ketuk “Berikutnya” untuk menyelesaikan pengaturan otentikasi dua faktor di Instagram.

Masukan kata sandi satu kali yang Anda terima melalui SMS di Instagram

Anda hanya perlu melakukan satu hal terakhir di sini. Instagram akan menunjukkan kepada Anda banyak kode cadangan yang dapat Anda gunakan untuk masuk jika Anda tidak mendapatkan pesan teks di nomor Anda. Salin kode ini dan simpan di tempat yang aman, sebaiknya di pengelola kata sandi.

Setelah Anda mengamankan akun Instagram Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki cadangan untuk otentikasi dua faktor. Anda tidak ingin terkunci dari akun online Anda jika ponsel Anda dicuri atau rusak sehingga tidak dapat diperbaiki.