X
Iklan

Resep Es Krim Ungu

Iklan

Siapa yang belum pernah makan es krim? jajanan kesukaan saya saat masih kecil. Saat itu sebenarnya belum ada as krim yang seperti sekarang ini. Yang saya makan saat itu ya es batu yang diserut, dibentuk memakai batok atau alat lain yang bisa menyatukan es tadi menjadi satu cetakan, disiram pakai sirup rasa yang dipesan, dan anak seumuran saya menyebutnya es krim. Polos memang, tetapi pada saat itu menurut saya sudah istimewa. Sebenarnya juga sudah ada mas penjual es krim keliling dengan merk yang terkenal, tetapi namanya juga masa dimana sedang terjadi gejolak harga sana – sini, jadi kami memilih hemat. Sedang lemari es jaman itu masih termasuk barang mewah. Terfikir oleh saya untuk kali ini membagikan resep es krim ungu ini.
Resep es krim ungu ini merupakan resep membuat es krim dengan bahan utama ubi ungu. di tempat saya ubi masih gampang untuk dicari. Harganya juga termasuk murah, karena memang lokasinya dekat dengan penanamnya langsung. tanpa berlama – lama, berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan :

  • 500 gram ubi ungu
  • 500 ml susu cair ( saya memakai susu uht vanila )
  • 300 gram gula pasir
  • 4 sdm susu kental manis rasa vanila
  • 2 sdt garam.

Cara Membuat :

  1. Pertama – tama, kupas terlebih dahulu semua ubi yang telah disediakan. Kemudian cuci bersih ubi tersebut, dan potong lebih kecil agar cepat matang.
  2. Panaskan panci untuk mengukus ubi sampai matang. jika sudah matang, angkat, haluskan ubi sampai lembut, dinginkan.
  3. Jika ubi sudah dingin, masukkan ubi, susu cair, gula pasir, susu kental manis, dan garam ke dalam wadah untuk dimixer jadi satu. Mixer semua bahan dari kecepatan paling kecil terlebih dahulu, kemudian pelan – pelan naik kecepatan agar cepat lembut. Mixer selama 10-15 menit. Jika anda merasa warnanya kurang menarik, bisa menambahkan pewarna makanan ungu ( di resep ini saya skip pewarna makanan ).
  4. Masukkan adonan ke dalam wadah, kemudian masukkan ke dalam freezer. Tunggu sampai semua adonan membeku. Es krim ungu siap dinikmati. Anda bisa menambahkan berbagai macam toping sesuai selera untuk lebih menambah rasa nikmat dari es krim ini.

Selain sebagai teman bersantai, es krim ungu juga bisa dijadikan pilihan cemilan untuk anak agar tidak jajan sembarangan. Demikian resep es krim ungu yang saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Cristian Adi Nugroho: Follow Instagram saya, @cradnu. cradnu.com

This website uses cookies.