Menikmati Kelezatan Kuliner Purwodadi, Ini Dia Rekomendasinya

Purwodadi adalah sebuah kota kecil yang terletak di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Meskipun ukurannya kecil, kota ini menyimpan beragam kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Purwodadi, jangan lupa mencicipi beberapa makanan khas yang hanya bisa Anda temukan di sini. Berikut adalah beberapa kuliner khas Purwodadi yang wajib dicoba:

  1. Garang Asem
    Sumber Gambar: resepkoki.id

    Garang Asem adalah salah satu masakan khas Jawa Tengah yang terkenal dengan rasa yang unik dan pedas. Garang asem berasal dari kata “garang” yang artinya pedas dan “asem” yang artinya asam. Masakan ini terdiri dari bahan utama daging ayam yang dipotong kecil-kecil, kemudian direbus dengan bumbu yang terdiri dari cabai merah, bawang putih, gula merah, asam jawa, dan garam.

    Garang Asem biasanya disajikan dengan nasi putih dan ditambahkan sayuran seperti kangkung atau kemangi untuk memberikan rasa segar. Keunikan dari masakan ini adalah perpaduan antara rasa pedas dan asam yang membuatnya sangat khas dan cocok untuk dijadikan menu makan siang atau malam. Masakan ini dapat ditemukan di warung-warung atau restoran-restoran di Purwodadi atau daerah sekitarnya, dan telah menjadi salah satu ikon kuliner dari Jawa Tengah.

  2. Sego Pecel Gambringan
    Sumber Gambar: telusuri.id

    Sego Pecel Gambringan adalah salah satu makanan khas dari Purwodadi, Jawa Tengah yang terkenal dengan cita rasa pedas dan segarnya. Makanan ini terdiri dari nasi putih yang disiram dengan bumbu pecel yang terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan, cabai merah, bawang putih, gula merah, air asam, dan garam. Kemudian, di atas nasi pecel ditambahkan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan kacang panjang.

    Sego Pecel Gambringan biasanya dihidangkan di warung-warung atau kedai-kedai makan di Purwodadi. Makanan ini cocok dijadikan sebagai menu sarapan atau makan siang karena mengandung banyak protein dan karbohidrat yang dapat memberikan energi untuk aktivitas sehari-hari. Makanan ini juga menjadi favorit bagi wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas Purwodadi.

  3. Sego Jagung
    Sumber Gambar: wisatagrobogan.com

    Berkunjung ke Purwodadi, Grobogan belum lengkap jika belum mencoba nasi jagung. Sebagai salah satu daerah produsen jagung terbesar di Jawa Tengah, membuat kabupaten Grobogan terus berinovasi menciptakan berbagai olahan dari jagung. Inilah yang menarik perhatian beberapa pengusaha makanan untuk membuka usaha nasi jagung.

    Kini, warung nasi jagung telah tersebar luas di beberapa daerah. Di berbagai tempat di kota, kita dapat menemukan beberapa warung yang menyajikan hidangan utama nasi jagung dan sayur lompong. Sego Jagung biasanya dimakan dengan sayur lompong, sayur bening, sayur asem, kutuk goreng, welut goreng, peyek udang, peyek yuyu, dan peyek kacang.

  4. Nasi Pager
    Sumber Gambar: javatravel.net

    Dikenal dengan sebutan nasi pager atau sego pager, nama makanan ini memang cukup menarik perhatian. Meskipun asal-usul nama Pager yang berarti pagar tidak diketahui dengan pasti, rasanya yang unik dari urap sayur-nya tidak bisa ditemukan di tempat lain. Yang membuatnya istimewa adalah tambahan uyah goreng dan sambal pecel yang khas.

    Tidak hanya rasa yang istimewa, tetapi Anda juga harus siap untuk menikmati nasi pager yang disajikan dengan cara yang sederhana, yaitu dalam daun pisang. Biasanya, sepiring nasi pager akan disajikan dengan lauk pelengkap seperti mendoan, peyek, bakwan, dan teh hangat. Menurut cerita, nasi pager sudah ada sejak 70 tahun yang lalu dan menggunakan sayuran yang sering digunakan sebagai pagar..

  5. Mie Tek-Tek

    Mie Tek Tek adalah makanan khas dari Purwodadi, Jawa Tengah yang terkenal dengan tekstur mie yang kenyal dan kuah yang gurih. Mie Tek-Tek merupakan hidangan mie yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging yang diolah dengan bumbu rempah yang khas.

    Mie Tek-Tek dapat ditemukan di warung-warung atau kedai-kedai makan di Purwodadi. Makanan ini cocok dijadikan sebagai menu makan siang atau malam karena mengandung banyak karbohidrat dari mie dan protein dari daging yang dapat memberikan energi untuk aktivitas sehari-hari. Makanan ini juga menjadi favorit bagi wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas Purwodadi yang lezat dan unik.

  6. Sayur Becek
    Sumber Gambar: suaramerdeka.com

    Awalnya, sayur becek merupakan hidangan yang disajikan pada acara hajatan seperti pernikahan dan sunatan. Di hampir seluruh wilayah Grobogan, sayur becek menjadi hidangan utama pada acara hajatan tersebut. Sayur becek pada acara hajatan biasanya terdiri dari dua hingga tiga potong daging sapi atau kerbau dan irisan cabai hijau, yang kemudian disiram dengan kuah yang memiliki rasa asam pedas yang khas.

    Saat ini, sayur becek telah menjadi menu utama yang disajikan oleh banyak pengusaha kuliner di Grobogan, tidak hanya pada acara hajatan saja. Sayur becek disajikan dengan daging iga beserta balungannya, disiram dengan kuah yang sangat lezat dalam satu mangkuk besar. Topping irisan cabai hijau juga disertakan, dan biasanya dilengkapi dengan kacang tholo yang dapat ditambahkan sesuai selera.

  7. Swikee
    Sumber Gambar: wikipedia

    Makanan yang erat hubungannya dengan Purwodadi ialah Swikee. Bahan utama dari hidangan ini ialah kaki katak (umumnya dari “katak hijau” atau “katak ijo” (Jw.)) dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, jahe, tauco, garam, dan lada. Swikee disajikan dengan taburan bawang putih goreng dan daun seledri di atasnya dan biasanya dimakan dengan nasi putih.

    Pepes Kodok, biasanya dihidangkan bersamaan dengan Swikee Kodok

    Swikee atau Swike merupakan masakan Tionghoa Indonesia yang dibuat dari paha katak. Hidangan ini dapat ditemukan dalam bentuk sup, digoreng kering, atau ditumis. Awalnya, hidangan ini dipengaruhi oleh masakan Tionghoa yang masuk ke Indonesia.

Baca Juga:  Semarang, Surga Tersembunyi di Indonesia yang Sering dilewatkan Wisatawan