Cara Mengetik dengan Suara di iPhone dan iPad

Jika Anda memiliki ide rumit yang ingin Anda tulis dengan cepat di iPhone atau iPad, Anda cukup mengucapkannya dengan suara Anda berkat fitur dikte bawaan Apple. Berikut cara menggunakannya.

Kapan pun Anda berada dalam aplikasi dimana terdapat tempat untuk memasukkan teks dengan keyboard, Anda dapat menggunakan dikte suara daripada mengetik. Untuk melakukannya, ketuk kolom input teks hingga keyboard di layar Anda muncul. Selanjutnya, ketuk tombol mikrofon kecil yang terletak di sebelah kiri bilah spasi.

(Jika Anda tidak melihat ikon mikrofon pada keyboard Anda, pastikan Dikte diaktifkan pada perangkat Anda. Untuk melakukannya, luncurkan Pengaturan, lalu navigasikan ke Umum> Keyboard dan nyalakan “Aktifkan Dikte”. Dan jika Anda keyboard layar tidak muncul, kemungkinan besar Anda memiliki keyboard Bluetooth eksternal yang tersambung.)

Setelah mengetuk tombol mikrofon, keyboard di layar akan diganti dengan bentuk gelombang bergerak yang terbuat dari garis yang berubah berdasarkan seberapa keras Anda berbicara. Saat Anda berbicara, kata-kata akan muncul di layar setelah perangkat Anda mengenalinya.

Setelah Anda selesai berbicara, ketuk tombol keyboard di bagian bawah layar, dan mode dikte akan berakhir.

Keyboard di layar akan muncul kembali, dan Anda dapat menggunakannya untuk menambah atau mengedit input dikte Anda. Jika Anda perlu kembali ke mode dikte, cukup ketuk tombol mikrofon lagi.

Cara Menggunakan Pemformatan dan Tanda Baca Saat Mendikte

Saat menggunakan dikte di iPhone, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana melakukan hal-hal seperti memulai baris baru atau memasukkan tanda baca. Dalam kasus tersebut, Anda perlu mengucapkan perintah Anda atau nama karakter tanda baca. Berikut ini beberapa contohnya.

  • Angka: Jika Anda ingin memasukkan angka sebagai angka dan bukan sebagai kata, ucapkan “angka” sebelum Anda mengucapkan angka. Misalnya, mengucapkan “angka 4” akan mencetak “4” di layar, bukan kata “empat”.
  • Tanda Baca dan Simbol: Jika Anda ingin menggunakan tanda baca, ucapkan nama karakter tanda baca tersebut. Misalnya, “titik”, “koma”, “tanda tanya”, “tanda seru”, dan “tanda hubung” semuanya menghasilkan karakter padanan khusus di layar, bukan kata itu sendiri. Demikian pula, Anda dapat mengucapkan “asterisk”, “ampersand”, “hashtag”, dan lainnya untuk mendapatkan simbol yang sesuai di layar.
  • Line Breaks: Untuk pindah ke baris baru (seperti menekan Return di keyboard), ucapkan “baris baru”. Anda juga dapat mengucapkan “paragraf baru” untuk menyisipkan pemisah paragraf baru.
    Emotikon: Anda dapat mengucapkan beberapa emotikon jadul, seperti “wajah tersenyum” :-), “wajah cemberut” :-(, dan “wajah mengedipkan mata” ;-), dan mereka akan muncul di layar sebagai simbol yang tepat.
  • Huruf Kapital: Untuk membuat satu huruf menjadi kapital, ucapkan “cap”, lalu hurufnya. Untuk mengaktifkan kapitalisasi pada huruf pertama dari setiap kata, ucapkan “huruf kapital” (dan nonaktifkan dengan “huruf besar mati”). Untuk membuat kata berikutnya seluruhnya menggunakan huruf besar, ucapkan “huruf besar semua” sebelum Anda mengucapkan kata tersebut. Dan untuk mengaktifkan caps lock, ucapkan “huruf besar semua”. Anda dapat menonaktifkannya dengan mengucapkan “tutup semua”.
Baca Juga:  Cara Menambahkan Tempat/Lokasi ke Google Maps

Tags: