Internet Protocol Adalah

Alamat IP, kependekan dari alamat Internet Protocol adalah nomor pengidentifikasi untuk perangkat keras jaringan yang terhubung ke sebuah jaringan. Memiliki alamat IP memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dengan perangkat lain melalui jaringan berbasis IP seperti internet.

Internet Protocol Adalah

Seperti Apa Tampilan Alamat IP?

Sebagian besar alamat IP terlihat seperti ini:

151.101.65.121

Alamat IP lain yang mungkin Anda temui juga bisa terlihat lebih seperti ini:

2001: 4860: 4860 :: 8844

Alamat  IP untuk apa?

Alamat IP memberikan identitas ke perangkat jaringan di internet. Mirip dengan alamat rumah atau bisnis yang memasok lokasi fisik tertentu dengan alamat yang dapat diidentifikasi, perangkat di jaringan dibedakan satu sama lain melalui alamat IP.

Jika Anda mengirim paket ke teman di negara lain, Anda harus tahu tujuan pasti. Proses umum yang sama digunakan untuk mengirim data melalui internet. Namun, alih-alih menggunakan alamat surat fisik, komputer menggunakan server DNS untuk mencari nama host untuk menemukan alamat IP-nya.

Misalnya, ketika Anda memasukkan URL situs web seperti www.lifewire.com ke dalam browser, permintaan Anda untuk memuat halaman itu dikirim ke server DNS yang mencari nama host dari lifewire.com untuk menemukan alamat IP yang sesuai. Tanpa alamat IP, komputer tidak memiliki petunjuk apa yang Anda cari.

Versi IP (IPv4 vs IPv6)

Ada dua versi IP: protokol internet versi 4 (IPv4) dan protokol internet versi 6 (IPv6). Yang pertama adalah versi yang lebih lama, sedangkan IPv6 adalah versi IP yang telah ditingkatkan.

Apa itu IPv4 dan IPv6?

Salah satu alasan IPv6 menggantikan IPv4 adalah karena ia menyediakan jumlah alamat IP yang lebih besar daripada IPv4. Ketika beberapa perangkat di jaringan yang sama terhubung ke internet, penting bahwa ada alamat unik yang tersedia untuk setiap perangkat.

  • IPv4: Cara alamat IPv4 dibangun berarti ia mampu menyediakan lebih dari 4 miliar alamat IP unik (2³²). Meskipun ini adalah sejumlah besar alamat, itu tidak cukup untuk dunia modern dengan semua perangkat berbeda yang digunakan di internet.
  • IPv6: IPv6 mendukung 340 triliun, triliun, triliun alamat (2¹²⁸). Itu 340 dengan 12 nol! Ini berarti setiap orang di dunia dapat menghubungkan miliaran perangkat ke internet.
Baca Juga:  Oracle Adalah