Tips Makan Selama Diet yang Paling Bagus dan Efektif

20 Tips Makan Selama Diet yang Paling Bagus dan Efektif – Banyak orang masih memiliki pemahaman bahwa diet itu berarti mengurang jumlah makanan yg dikonsumsi setiap hari, padahal diet tidak sepenuhnya benar diartikan seperti demikian. Sebenarnya, yang harus dikurangi ketika diet adalah kandungan yang ada di dalamnya, seperti karbohidrat dan lemak. Ketika kita sedang melakukan program diet, kita harus makan makanan berserat dan harus teratur jam makannya. Minum air putih minimal 8 gelas sehari merupakan anjuran. Untuk melakukan program diet anda menjadi lebih efektif, lakukan 20 Tips Makan Selama Diet yang Paling Bagus dan Efektif berikut ini:

Tips Makan Selama Diet yang Paling Bagus dan Efektif

1. Nikmati makanan anda dan makanlah secara pelan-pelan

Ketika melakukan program diet, hal pertama yang harus diperhatikan adalah cara bagaimana menikmati makanan. Makanan harus dinikmati dengan benar, dan makanlah secara perlahan-lahan, jangan terlalu tergesa-gesa, maka dengan begitu makanan dapat meringankan kerja organ pencernaan dalam mengolah dan menyerap makanan yang kita makan, selain itu dapat lebih sopan ketika dilihat. Apabila makan secara tergesa-gesa, terdapat beberapa bahaya yang bagi kesehatan tubuh seperti menaikkan berat badan yang tentu saja berlawanan dengan program diet anda, makanan tidak akan dinikmati dengan benar, dan yang jelas memperberat kerja organ pencernaan sehingga akan berdampak menggangu kesehatan. Mengunyah makanan yang benar adalah minimal 5 sampai 10 kali.

2. Minum minimal 8 gelas setiap hari

Sesuai dengan yang dianjurkan ahli kesehatan, minumlah air minimal 2 liter tiap hari atau 8 gelas. Dengan begitu kebutuhan cairan tubuh yang hilang melalui keringat, air seni, pernapasan, dan sekresi akan tergantikan. Selain badan akan terasa lebih segar air juga memiliki manfaat yang lain seperti membantu mendistribusikan nutrisi ke seluruh tubuh, memperlancar pencernaan, membuat langsing, dll. Bila minum kurang, usahakan jangan terlalu banyak makan pada malam hari.

Baca Juga:  Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

3. Makan di tempat yang khusus dan tidak pindah sebelum selesai

Ketika makan, pilihlah satu tempat khusus untuk makan seperti di ruang makan dan jangan pindah ke tempat lain sebelum selesai makan. Posisi ketika makan juga sangat penting yaitu seperti anjuran agama dan secara medis makan dengan duduk dan menggunakan tangan kanan. Dengan duduk makanan akan masuk dengan baik.

4. Variasikan jumlah kalori makanan anda

Variasikan jumlah kalori makanan anda setiap hari supaya tubuh anda tidak terbiasa dengan jumlah kalori tertentu. bila anda terbiasa dengan makanan rendah kalori, tubuh anda akan mengira bahwa memang sejumlah itulah kebutuhannya. Dengan begitu kalau anda sedang diet, berat badan anda tidak bisa turun.

5. Selalu sediakan buah-buahan saryur-sayuran dan sari buah murni

Makanan yang dianjurkan ketika melakukan diet adalah buah-buahan, sayur-sayuran, dan sari buah murni. Jadi pastikan anda selalu menyediakannya di kulkas. Dan yang paling penting makanlah ketika anda merasa lapar.

6. Buat catatan harian tentang pola makan dan perasaan anda setelah memakannya

Bila perlu buatlah catatan harian tentang pola makan dan perasaan anda. Catatlah segala yang ingin anda makan sebelum memakannya. Tuliskan bagaimana perasaan anda dalam perkembangan menuju kebiasaan makan sehat ini, dan tuliskan juga perasaan anda ketika berbuat curang kepada diri sendiri, misalnya makan permen dan es krim.

7. Sup dan sayur berkuah bening adalah makanan diet yang baik

Dengan makan sup dan sayur berkuah bening, tubuh anda akan menjadi lebih segar, menyenangkan, dan sayur yang berserat bagus untuk diet.

8. Jangan merubah makanan yang ingin di makan ketika makan di restoran

Ketika anda memutuskan makan di restoran, makan tentukan menu apa yang akan anda makan, dan jangan mengganti apa yang sudah anda rencanakan tersebut. Ini dapat membantu anda dalam mengatur makanan apa saja yang boleh dimakan dan apa yang tidak, juga untuk membatasi jumlah kalori yang akan dimakan.

Baca Juga:  Gigi kuning? Ini Cara dan Bahan Alami Untuk Memutihkan Gigi Dengan Cepat!

9. Susunlah jadwal makan dan ngemil anda

Seperti poin sebelumnya perencanaan makanan sangat penting dilakukan. Jadi buatlah susunan jadwal makan dan ngemil anda. Dengan begitu makanpun akan menjadi teratur dan program diet anda akan menjadi lebih efektif.

10. Biasakan membaca label kemasan makanan anda

Bacalah label kemasan makanan yang anda beli. Makanan dengan presentase lemak atau karbohidrat yang tinggi akan mengganggu penurunan berat badan anda. Jangan cuma menghitung berapa gramnya saja, tapi komposisi yang terkandung di dalamnya juga. Semakin tinggi presentase kandungan lemak dan karbohidrat dibandingkan dengan kalori keseluruhan, semakin membuat tambah gemuk.

11. Letakkan makanan hanya di dapur dan ruang makan

Jangan pernah meletakkan makanan selain di dapur, ini akan mengurangi keinginan anda unutk makan atau ngemil. Dengan begitu anda akan lebih terbiasa makan di tempat tertentu.

12. Jangan buat diri anda kelaparan

Ketika anda sangat kelaparan, tubuh akan cenderung dikendalikan otak untuk memakan dan minum tanpa kontrol dan melebihi batas kalori yang dibutuhkan tubuh ketika anda terbiasa makan secara teratur. Jadi hal ini sangat penting untuk anda yang menginginkan program diet anda berhasil dengan baik.

13. Makanlah secara teratur

Jangan pernah melewatkan waktu makan anda satu kali pun karena jika tubuh anda tidak mendapatkan pasokan makanan pada waktunya, tubuh anda akan mengarahkan mekanisme pertahanan diri, yaitu dengan menurunkan kecepatan metabolisme. Akhibatnya tubuh lebih cenderung menyimpan lemak.

14. Meskipun makanan rendah lemak, jangan makan terlalu banyak

Apapun makanan yang anda makan, semakin banyak dimakan semakin tinggi juga kalorinya dan kalori itu harus dibakar. Jadi meskipun makan makanan yang rendah kalori, batasi jangan sampai terlalu banyak.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Panu Alami

15. Singkirkan makanan sisa

Ketika anda makanan yang masih tersisa dan bisa dimakan pindahkan ke dapur. Untuk menjaga kita supaya tidak makan lebih.

16. Buang semua lemak pada daging

Ketika anda ingin makan ayam, selalu pisahkan kulit ayam dan jangan sampai makan jerohan ayam, karena banyak mengandung lemak yang sangat tinggi dan dapat mengacaukan program diet anda.

17. Jangan meletakkan makanan secara “menantang” di atas meja

Jangan meletakkan makanan secara menangtang di atas meja, untuk menghindari keinginginan makan anda ketika diet. Simpan saja di lemari atau kulkas saja.

18. Siapkan daftar belanjaan ketika akan berbelanja

Sebelum berangkat belanja, siapkan daftar belanjaan kebutuhan lebih dulu dan jangan berangkat belanja dalam keadaan lapar, karena pasti anda akan cenderung untuk jajan.

19. Lakukan olahraga secara teratur

Hal lain yang sangat penting adalah menjaga kebugaran tubuh anda dengan cara berolahraga. Dengan begitu badan akan tetap segar, bugar, dan kalori juga akan dibakar. Lakukan minimal olahraga ringan (yang paling baik adalah jalan kaki) seminggu minimal tiga kali masing-masing 30 menit, lalu tambah durasinya secara bertahap untuk hasil yang lebih baik.

20. Sesekali ukur berat badan dan lingkar badan

Sebagai penyemangat dan untuk mereview hasil program diet anda berhasil atau tidak, lakukan ukur sesekali berat badan anda, tapi juga ukur lingkar perut, paha, lengan anda juga. Setelah olahraga ringan teratur, ukuran badan anda akan turun meskipun berat badan anda tidak turun, latihan teratur dapat membentuk otot.